Wednesday, October 5, 2016

Contoh Susunan Proposal Usaha

Contoh Susunan Proposal Usaha

Berikut ini adalah Contoh Susunan Proposal Usaha. Contoh Susunan Proposal Usaha yang dimaksud adalah Format Rencana Usaha (Bussines Plan) dan Pedoman Penyusunan Rencana Bisnis.

Pada bagian akhir posting ini anda bisa mendownload file Contoh Susunan Proposal Usaha ini secara lengkap. Sebelumnya silahkan lihat penjelasan bagian-bagian penting contoh makalah pendidikan ini.

Contoh Susunan Proposal Usaha - Panduan Penyusunan Proposal Usaha
Contoh Susunan Proposal Usaha - Panduan Penyusunan Proposal Usaha

Cara Membuat Proposal Usaha

Berikut ini rincian cara membuat Proposal Usaha dalam format tertulis dan bagian-bagian penting dari susunan sebuah proposal usaha yang baik dan benar.

1. Cover Depan

Pada cover atau jilid proposal bisa terdiri dari:
Gambar dan desain menarik, logo atau lambang usaha, berisi informasi yang lengkap seperti nama, alamat dan nomor kontak.


2. Pendahuluan Proposal Usaha

Pada bagian Pendahuluan bisa terdiri dari Sejarah Berdirinya Usaha, Visi dan Misi Usaha, dengan uraian yang lengkap dan jelas, penting sekali untuk memperkenalkan profil perusahaan pada bagian pendahuluan proposal usaha ini.

3. Aspek Pemasaran

Pada bagian ini dijelaskan Gambaran Umum Pasar yaitu tentang Segmen Pasar, Target Pasar, Positioning (STP). Kemudian dibahas juga Permintaan, yaitu Perkiraan atau Prediksi Permintaan dari konsumen. Kemudian dibahas tentang Penawaran, Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar, Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing (Product, Price, Promotion, Placement, People, Process, Physical Evidence.

4. Aspek Organisasi dan Manajemen

Aspek Organisasi terdiri dari Nama Perusahaan Usaha, Nama Pemilik/Pimpinan, Alamat kantor dan tempat usaha, Bentuk Badan Hukum ( Kalo berbentuk Badan Hukum ), Struktur Organisasi, Jabatan, Jumlah staf, Uraian Tugas, dan Penggajian. Dijelaskan juga tentang Perijinan perusahaan sebagai perusahaan yang memiliki legalitas dan berbentuk badan hukum. Kemudian dijelaskan tentang Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan (mingguan atau bulanan). Dirinci juga Inventaris Kantor dan Supply Kantor.


5. Aspek Produksi

Aspek Produksi membahas tentang Produk, Proses Produksi, Kapasitas Produksi, Tanah dan Bangunan, Pemasangan Sarana Penunjang, Mesin dan Peralatan, Bahan Baku dan Bahan Pembantu, Tenaga Produksi (Tenaga Kerja Langsung), Biaya Umum Usaha/Pabrik.


6. Aspek Keuangan

Aspek Keuangan terdiri dari Strategi Sumber Pendanaan Usaha, Proyeksi Keuangan, Analisa Kelayakan Usaha, Analisa Keuntungan. 


Download:

Contoh Susunan Proposal Usaha - Format Rencana Usaha dan Pedoman Penyusunan Rencana Bisnis (Bussines Plan)


Lebih jelas tentang Contoh Susunan Proposal Usaha, silahkan anda lihat file preview di bawah ini.

Contoh Susunan Proposal Usaha




Silahkan download file Contoh Susunan Proposal Usaha dalam format .doc atau .docx untuk kemudian diedit dengan Microsoft Word.


Contoh Susunan Proposal Usaha di atas mungkin bisa kita jadikan contoh atau referensi dalam penyusunan proposal usaha seperti yang paling banyak menjadi pertanyaan tentang proposal yaitu pengertian proposal, cara membuat proposal, contoh pembuatan proposal, contoh bentuk proposal, latar belakang proposal, contoh proposal bantuan dana, contoh proposal kewirausahaan, contoh cover proposal, contoh proposal bisnis, contoh proposal sponsorship dan lain-lain.

Contoh Susunan Proposal Usaha sangat bisa anda jadikan sebagai panduan format susunan proposal misalnya contoh proposal usaha makanan, contoh proposal usaha kecil, contoh proposal usaha cafe, contoh proposal usaha pakaian, contoh proposal usaha distro, contoh proposal usaha sederhana, contoh proposal usaha rumah makan, contoh proposal usaha bengkel motor dan lain-lain.

Demikian tentang Contoh Susunan Proposal Usaha. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment