Sunday, May 8, 2016

Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan

Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan (Psikologi Pendidikan)

Berikut ini adalah Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan (Psikologi Pendidikan). Pada bagian akhir posting ini anda bisa mendownload file makalah secara lengkap. Sebelumnya silahkan lihat penjelasan bagian-bagian penting contoh makalah pendidikan ini.
Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan (Psikologi Pendidikan)
Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan (Psikologi Pendidikan)

Bab 1 Pendahuluan

Untuk bagian pendahuluan, makalah dimulai dengan membahas pengertian pendidikan dan dilanjutkan dengan penjelasan tentang latar belakang penyusunan makalah, rumusan masalah dan tujuan. Berikut ini contoh paragraf atau kutipan dalam pendahuluan.
Pendidikan adalah suatu usaha atau upaya dalam membantu manusia agar mampu mewujudkan diri sesuai kodrat dan martabat kemanusiaannya, atau mampu melaksanakan berbagai peranan sesuai dengan statusnya berdasarkan nilai-nilai serta norma-norma yang diakuinya.
Pendidikan berfungsi untuk memanusiakan manusia, bersifat normatif dan karena itu harus dipertanggungjawabkan (Tatang Syaifudin, 2003: 2). Pada pelaksanaan pendidikan khususnva di Sekolah Dasar banyak mengalami kendala diantaranya kesulitan siswa dalam belajar yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku siswa tersebut. Beranjak dari tujuan dan fungsi pendidikan yaitu memanusiakan manusia yang merubah perilaku manusia menuju kearah yang lebih baik. Sebagai seorang guru atau pendidik mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan anak, dalam menghadapi anak atau siswa yang mempunyai banyak masalah dalam lingkungan keluarganya, maka seorang pendidik dituntut untuk mampu menghadapinya oleh karena itu harus diadakan suatu penelitian langsung/observasi dan bimbingan kepada murid untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Dalam kesempatan ini penulis sebagai guru pendidik melaksanakan observasi/pengamatan secara langsung terhadap siswa-siswi yang mempunyai masalah yang menyimpang dan melakukan layanan bimbingan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sindangraja.
Tujuan penulis membuat penelitian ini antara lain :
  • Sebagai salah satu tugas untuk mengikuti Ujian Akhir Semester mata kuliah “Psikologi Pendidikan”
  • Mengetahui latar belakang dari permasalahan yang dialami siswa.
  • Mencari   solusi   dari   masalah yang  dialami   siswa  dengan  mengadakan layanan bimbingan kepada siswa.

Bab 2 Pembahasan

Di dalam Bab 2 Pembahasan dijelaskan tentang hasil observasi yang telah penulis laksanakan di lapangan, penulis menemukan beberapa siswa yang memiliki tingkah laku yang menyimpang. Penulis melakukan bimbingan kepada sejumlah siswa di sekolah yang dianggap menyimpang didalam kegiatan belajar. Dalam memberikan layanan bimbingan diperlukan langkah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Bab 3 Penutup

Seperti biasa untuk bagian penutup diisi dengan Kesimpulan dan Saran.


Download Contoh Makalah

Lebih jelas tentang Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan (Psikologi Pendidikan), silahkan anda lihat file preview di bawah ini.

Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan (Psikologi Pendidikan)

Silahkan download file Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan (Psikologi Pendidikan) dalam format .doc atau .docx untuk kemudian diedit dengan Microsoft Word.
Untuk teknis penulisan makalah secara lengkap, anda bisa lihat pada posting Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar.

Sebagai tambahan referensi lainnya untuk contoh makalah pendidikan, silahkan lihat Contoh Makalah Tentang Pendidikan - Manajemen Pendidikan Masa Depan.

Demikian tentang Contoh Makalah Laporan Observasi Pendidikan (Psikologi Pendidikan). Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment