Friday, November 25, 2016

Cara Mudah Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Cara Mudah Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Cara Mudah Membuat Makalah yang Baik dan Benar
Cara Mudah Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah Cara Mudah Membuat Makalah yang Baik dan Benar. Maksudnya adalah apa saja langkah-langkah yang perlu kita lakukan dan apa saja bagian penting yang harus disusun dalam sebuah akalah atau yang sering disebut dengan kerangka makalah.

Kerangka atau Susunan Makalah

Dalam membuat makalah, ada beberapa komponen atau bagian penting yang harus ada dalam makalah yang dimaksudkan supaya makalah tersusun secara sistematis sehingga mempermudah pembaca mencari bagian tertentu dalam makalah, karena memang tujuan pembuatan makalah adalah mempublikasikan hasil sebuah penelitian atau tinjauan pustaka dari suatu permasalahan dengan solusi permasalahannya sehingga menjadi informasi yang bernilai manfaat untuk umum dalah hal ini khususnya pembaca makalah. Berikut ini gambaran kerangka makalah atau susunan makalah yang bisa anda jadikan panduan dalam membuat makalah baru.

JILID/COVER JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Latar Belakang Makalah berisi tentang alasan pemilihan atau pengambilan tema atau permasalahn yang harus diberikan solusinya dalam pembuatan makalah.

1.2. RUMUSAN MASALAH
Rumusan Masalah berisi tentang poin-poin masalah apa saja yang akan dibahas dalam penelitian.

1.2. TUJUAN
Tujuan makalah berisi tentang penjelasan tujuan yang ingin dicapai setelah melakukan penelitian dan menjawab permasalahan yang telah dirumuskan.

1.3. RUANG LINGKUP MATERI
Ruang Lingkup Makalah berisi tentang ilmu atau teori yang berkaitan dengan tema yang diambil dalam makalah.

BAB II DASAR TEORI/LANDASAN TEORI
Landasan Teori Makalah berisi tentang pembahasan dan penelitian tentang ilmu ataupun teori yang sudah pernah dibahas oleh para ahli berkaitan dengan tema makalah/paper yang dipilih. Materi yang dibahas secara teoritis dikaitkan dengan aplikasi praktis teori/ilmu tersebut dalam kenyataan kehidupan keseharian.
Untuk menuliskan teori yang diambil dari para ahli jangan lupa mencantumkan nama, tahun atau buku yang pernah memuat teori tersebut. Sehingga sumber/nara sumbernya jelas dan tidak diragukan. Kalau membuat kutipan harap mencantumkan pula halaman di mana kutipan tersebut diambil.

BAB III PEMBAHASAN
Isi dari Pembahasan makalah berisi tentang data yang diperoleh di lapangan/kenyataan dan dikaitkan dengan ilmu atau teori yang sudah ada. Jika ada kesesuaian dibahas lebih lanjut dan dapat pula dimasukkan pendapat pribadi yang berkaitan erat dengan tema/usulan/saran/gagasan/ide.
Jika ditemukan ketidaksesuaian antara teori atau ilmu yang sudah ada dengan kenyataan di lapangan, hal ini juga perlu dibahas untuk melihat mengapa hal ini dapat terjadi. Dapat pula dimasukkan pendapat pribadi berkaitan erat dengan tema/usulan/saran/gagasan/ide sehingga antara kenyataan dengan ilmu yang ada, baik yang ada hubungannya maupun tidak, dapat dijelaskan dengan baik dan rinci.


BAB IV PENUTUP

4.1. KESIMPULAN
Kesimpulan Makalah berisi tentang simpulan akhir dari pembahasan yang sudah dibuat. Penulisan kesimpulan harus ringkas, singkat dan jelas, tidak terlalu panjang seperti pada pembahasan.

4.2. USUL ATAU SARAN
Saran Makalah dapat juga dimasukkan usulan dan saran dari penulis yang berkaitan dari isi makalah.

DAFTAR PUSTAKA
Daftar Pustaka berisi seluruh sumber yang digunakan dalam pembuatan makalah. Daftar pustaka bisa berupa buku, surat kabar, majalah, informasi dari internet dan lain-lain. Penulisannya secara lengkap dan mengikuti kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

LAMPIRAN
Lampiran Makalah berisi seluruh gambar/foto ataupun grafik atau juga data yang mendukung dalam pembuatan makalah. (Lampiran ini tergantung kebutuhan saja seperti tergantung kepada guru atau dosen yang menugaskan, jadi ini bersifat optional boleh ada atau tidak dilengkapi lampiran).

Format Tulisan dan Ukuran Kertas serta Jild Makalah
Kertas: A4
Jilid/Cover: Kertas Buffalo warna Kuning
Font/Huruf: Times New Roman
Size: 12
Spasi: 1,5 atau 2 Spasi
Margin: Atas: 4 cm, Bawah: 3 cm, Kiri : 4 cm, Kanan: 3 cm,

Biasanya makalah ditulis minimal dalam 10 halaman dan belum termasuk halaman Judul, Daftar Isi, Lampiran, dan Daftar Pustaka.

Nomor Halaman biasanya ditulis dengan letak di kanan atas, penggunaan halaman dengan angka i,ii,iii,dan seterusnya digunakan mulai dari halaman Kata Pengantar sampai dengan sebelum BAB I Pendahuluan. Penggunaan nomor halaman dngan angka 1,2,3 dan seterusnya mulai dari halaman Pendahuluan sampai dengan akhir.

Mudah-mudahan Cara Mudah Membuat Makalah yang Baik dan Benar di bawah ini bisa memberikan sedikit gambaran kepada anda seperti apa susunan makalah secara lengkap sesuai dengan cara membuat makalah yang baik dan benar serta bisa menjawab pencarian anda di internet seputar Cara Mudah Membuat Makalah yang Baik dan Benar seperti cara membuat makalah dan contohnya, contoh makalah yang benar dan lengkap, cara membuat makalah kuliah, contoh pembuatan makalah yang sudah jadi, contoh susunan makalah, contoh makalah mahasiswa, cara membuat makalah sederhana, cara membuat cover makalah dan lain-lain.


Contoh Makalah Format .doc atau .docx Microsoft Word

Untuk melengkapi pembahasan tentang Cara Mudah Membuat Makalah yang Baik dan Benar ini kami lengkapi dengan contoh-contoh makalah yang sudah jadi dalam format file Microsoft Word dengan tujuan supaya anda bisa lebih muda melihat bagaimana susunan makalah secara lengkap dan lebih mudah melakukan edit terhadap contoh format makalah dengan Microsoft Word di komputer anda sehingga mempercepat penyusunan atau penulisan makalah yang baru.

Di bawah ini adalah preview Contoh Makalah Akuntansi dalam format file .doc atau .docx Microsoft Word.

Contoh Makalah Akuntansi

Download File: 

Demikian pembahasan dan share file Contoh Makalah Pengantar Bisnis Format .doc .docx Microsoft Word. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment