Sunday, November 20, 2016

Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas

Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas

Berikut ini adalah Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas yang bisa anda download dalam format file .doc atau .docx Microsoft Word sebagai bahan perbandingan atau referensi dalam menyusun makalah baru atau karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan Sampah, Lingkungan Hidup, Teknologi Tepat Guna dan lain-lain.

Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas
Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas

Mudah-mudahan Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas di bawah ini bisa memberikan sedikit gambaran kepada anda seperti apa susunan karya tulis ilmiah dan susunan makalah secara lengkap sesuai dengan cara membuat makalah yang baik dan benar.

Rumusan Masalah yang  diambil berdasarkan latar belakang masalah adalah sebagai berikut:
  • Bagaimana kondisi permukiman, permasalahan sampah dan barang bekas, serta polusi udara akibat pertumbuhan penduduk di kota, khususnya Medan?
  • Apa dan bagaimana inovasi teknologi Vertikultur menggunakan barang bekas dan dampak positifnya terhadap lingkungan kota, terutama kota Medan?


Adapun tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini, yaitu:
  • Untuk memaparkan dan memberikan gambaran konkrit kondisi permukiman, polusi udara, dan permasalahan  sampah  dan barang bekas akibat pertumbuhan penduduk di kota,  khususnya Medan.
  • Untuk mensosialisasikan apa itu inovasi teknologi Vertikultur dan aplikasinya menggunakan barang bekas serta dampak positif apa saja yang dapat ditimbulkan terhadap lingkungan kota, terutama kota Medan yang ingin “berhias”.

Kesimpulan:

Kondisi  permukiman  Kota Medan sangat padat dan mengakibatkan penyusutan lahan hijau, akibat pembanguna  permukiman  dan segala   kebutuhan yang ada sisa ruang terbuka hijau hanya sampai 7,5%.  Sementara masalah lain seperti sampah dan barang masih banyak yang tidak termanfaatkan dengan baik sehingga fungsi lingkungan terganggu. Di samping itu, akibat lain dari ledakan penduduk yang berdampak linier terhadap kebutuhan, Medan berkembang sebagai kota metropolitan dengan segala jenis transportasi bermotor  dan  kegiatan industri yang ada akhirnya mengakibatkan kota Medan menjadi terpolusi udaranya, sampai berita diturunkan Medan menjadi kota terpolusi di Asia Tenggara  bahkan Asia dan dunia berdasarkan Air Quality Index (AQI) Medan yang berada di angka 110 menempatkan Medan di peringkat 4 kota paling tercemar di dunia setelah Ludhiana (India), Lanzhou (China), dan Mecixali (Mexico) dan paling tercemar di Asia Tenggara. Hal ini membutuhkan solusi dan inovasi teknologi agar dapat meminimalisir dampak buruk lingkungan dan mengembalikan wajah Medan yang bersih, hijau, asri, dan sehat.

Teknologi vertikultur memanfaatkan sampah dan barang bekas adalah sebuah inovasi teknologi yang mampu mengakomodir kepentingan kota Medan agar dapat kembali bersih, hijau, asri, dan sehar. Sampah anorganik seperti barang bekas dan bekas botol-botol minuman, karet ban, dan peralatan lainnya yang jika sudah tak terpakai dan dibuang di tempat pembuangan atau dibuang ke sungai dan di saluran drainase akan mengakibatkan lingkungan kota Medan kian lama kian kotor dan tidak hanya kotor tetapi juga dapat menimbulkan efek samping negatif berupa wabah penyakit dan penyebab banjir. Dengan memanfaatkan sampah organik dan sisa barang bekas, maka volume sampah perkotaan dapat diminimalisir dan akan turut membantu membuat nuansa kota lebih bersih. Masalah hijau, adalah sebuah hal yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika teknologi vertikultur ini dilakukan masyarakat Medan secara terstruktur, sistematis, dan massif, maka nuansa hijau akan ditemui di setiap sudut kota dan di setiap sudut permukiman warga masyarakat. Asri adalah efek samping positif darilingkungan yang terjaga dan terpelihara. Jika setiap sudut kota dan setiap sudut permukiman dipenuhi dengan nuansa hijau dari pembudidayaan tanaman sayuran dan bunga dengan menggunakan smpah dan barang bekas, maka keasrian lingkungan permukiman dan kota kan tetap terpelihara. Vertikultur yang dilakukan akan memberikan dampak kesehatan karena:  pertama  sampah yang dimanfaatkan tidak akan menjadi wabah penyakit karena sudah digunakan kembali untuk hal positif, kediua tanaman yang ditanam memiliki kemampuan absorbs emisi gas dan memiliki kemampuan  sebagai  pereduksi gas karbon diudara, dan ketiga jika verttikultur membudidayakan sayur seperti kangkung darat, bayam, sawi, daunsop, dan tumbuhan sayur lain, maka akan memberikan asupan nutrisi vitamin dan mineral jika dikonsumsi oleh pembudidaya.

Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas Format Microsoft Word

Di bawah ini adalah preview Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas dalam format file .doc atau .docx Microsoft Word.

Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas

Download File: 


Demikian pembahasan dan share file Contoh Karya Ilmiah Pemanfaatan Sampah Barang Bekas. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment