Monday, December 26, 2016

Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan

Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan

Berikut ini adalah Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan yang bisa anda download dalam format file .doc atau .docx Microsoft Word sebagai bahan perbandingan atau referensi dalam menyusun makalah baru yang berhubungan dengan Sistem Informasi dan Kesehatan.

Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan
Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan

Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan yang Baik dan Benar

Mudah-mudahan Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan di bawah ini bisa memberikan sedikit gambaran kepada anda seperti apa susunan makalah secara lengkap sesuai dengan cara membuat makalah yang baik dan benar.

Berikut ini beberapa ringkasan dari Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan;

Rumusan Masalah 
  • Apa yang dimaksud manajemen Sistem Informasi Kesehatan? 
  • Bagaimana peranan manajemen Sistem Informasi Kesehatan? 
  • Bagaimana konsep pengembangan Sistem Informasi Kesehatan? 
  • Bagaimana aplikasi manajemen Sistem Informasi Kesehatan di rumah sakit? 
  • Bagaimana aplikasi manajemen Sistem Informasi Kesehatan di puskesmas? 
  • Bagaimana system pelayanan kesehatan untuk individu dan masyarakat?

Manajemen Sistem Informasi Kesehatan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) adalah integrasi antara perangkat, prosedur dan kebijakan yang digunakan untuk mengelola siklus informasi secara sistematis untuk mendukung pelaksanaan manajemen kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam kerangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam literature lain menyebutkan bahwa SIK adalah suatu sistem pengelolaan data dan informasi kesehatan di semua tingkt pemerintahan secara sistematis dan terintegrasi untuk mendukung manajemen kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Informasi kesehatan selalu diperlukan dalam pembuatan program kesehatan mulai dari analisis situasi, penentuan prioritas, pembuatan alternatif solusi, pengembangan program, pelaksanaan dan pemantauan hingga proses evaluasi terhadap pelaksanaan program-program kesehatan. Sistem informasi kesehatan merupakan suatu pengelolaan informasi di seluruh seluruh tingkat pemerintah secara sistematis dalam rangka penyelengggaraan pelayanan kepada masyarakat. Peraturan perundang-undangan yang menyebutkan sistem informasi kesehatan adalah Kepmenkes Nomor 004/Menkes/SK/I/2003 tentang kebijakan dan strategi desentralisasi bidang kesehatan dan Kepmenkes Nomor 932/Menkes/SK/VIII/2002 tentang petunjuk pelaksanaan pengembangan sistem laporan informasi kesehatan kabupaten/kota. Hanya saja dari isi kedua Kepmenkes mengandung kelemahan dimana keduanya hanya memandang sistem informasi kesehatan dari sudut padang menejemen kesehatan, tidak memanfaatkan state of the art teknologi informasi serta tidak berkaitan dengan sistem informasi nasional. Teknologi informasi dan komunikasi juga belum dijabarkan secara detail sehingga data yang disajikan tidak tepat dan tidak tepat waktu.
Kesimpulan Makalah
Sistem Informasi Kesehatan (SIK) adalah integrasi antara perangkat, prosedur dan kebijakan yang digunakan untuk mengelola siklus informasi secara sistematis untuk mendukung pelaksanaan manajemen kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam kerangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Enam komponen (building block) sistem kesehatan yaitu : Service delivery (pelaksanaan pelayanan kesehatan) Medical product, vaccine, and technologies (produk medis, vaksin, dan teknologi kesehatan) Health worksforce (tenaga medis) Health system financing (system pembiayaan kesehatan) Health information system (sistem informasi kesehatan) Leadership and governance (kepemimpinan dan pemerintah) 

Konsep-Konsep Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan antara lain: 
  • Sistem informasi tidak identik dengan sistem komputerisasi 
  • Sistem informasi organisasi adalah suatu sistem yang dinamis. 
  • Sistem informasi sebagai suatu sistem harus mengikuti siklus hidup sistem 
  • Daya guna sistem informasi sangat ditentukan oleh tingkat integritas sistem informasi itu sendiri. 
  • Keberhasilan pengembangan sistem informasi sangat bergantung pada strategi yang dipilih untuk pengembangan sistem tersebut. 
  • Pengembangan Sistem Informasi organisasi harus menggunakan pendekatan fungsi dan dilakukan secara menyeluruh (holistik). 
  • Informasi telah menjadi aset organisasi. 
  • Penjabaran sistem sampai ke aplikasi menggunakan struktur hirarkis yang mudah dipahami. 

Download Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan Format .docx Microsoft Word

Selengkapnya di bawah ini adalah preview Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan dalam format file .doc atau .docx Microsoft Word.

Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan

Download File: 


Demikian pembahasan dan share file Contoh Makalah Sistem Informasi Kesehatan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment