Wednesday, May 4, 2016

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan dalam membuat atau menyusun sebuah makalah dengan baik dan benar. Maksud dari makalah yang baik dan benar adalah makalah yang memiliki kelengkapan-kelengkapan yaitu diantaranya mulai dari Cover atau Jilid, Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab-Bab Makalah seperti Pendahuluan Makalah, Pembahasan Makalah, Hasil Penelitian atau Hasil Tinjauan dan ditutup dengan bagian Penutup Makalah yang biasanya terdiri dari Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka dan Lampiran. Selain itu diperlukan juga kelengkapan lainnya yang mendukung sebuah makalah harus ditambahkan demi tersusunnya sebuah makalah yang baik dan tetap berpedoman pada sistematika penulisan makalah yang benar.
Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar
Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Bagian penting dari sebuah makalah diantaranya adalah Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Makalah, Pembahasan Makalah dan Kesimpulan. Bagian-bagian tersebut bisa memandu tahap-tahap penelitian yang dilakukan dengan berbagai metode penelitian oleh penyusun makalah sehingga akhirnya sebuah makalah bisa memberikan sebuah laporan atau pemikiran secara tertulis yang dihasilkan dari kegiatan penelitian tersebut yang diharapkan akan memberikan manfaat secara keilmuan.

Selain memiliki susunan yang benar, sebuah makalah yang baik dan benar harus pula disertai cara penulisan yang sesuai dengan kaidah penulisan menurut Bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti penggunaan bahasa baku yang jelas dan mudah dimengerti serta sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), cara penulisan huruf besar atau kecil, penggunaan tanda baca yang benar dan lain-lain.

Penggunaan huruf untuk makalah disarankan menggunakan jenis huruf atau font yang jelas dan tegas seperti jenis-jenis huruf Times New Roman, Arial, Calibri, Verdana dan lain-lain. Tapi pemilihan huruf biasanya tergantung kebutuhan yang ditentukan juga oleh peraturan atau ketentuan yang disepakati sekolah, perguruan tinggi, organisasi atau lembaga lainnya. Begitu pula dengan penggunaan ukuran kertas untuk pencetakan makalah, yang paling umum digunakan adalah kertas ukuran A4 dengan pengaturan ukuran margin atas 4cm, margin bawah 3cm, margin kiri 4cm dan margin kanan 3cm. Pengaturan spasi paragraf umumnya menggunakan 2 spasi.
Jenis dan Ukuran Huruf untuk Makalah
Jenis dan Ukuran Huruf untuk Makalah

Susunan Makalah Lengkap

Secara umum susunan sebuah makalah bisa kita rinci bagiannya sebagai berikut:
  1. Cover
  2. Daftar Isi
  3. Kata Pengantar
  4. Bab I Pendahuluan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka
  8. Lampiran
Setelah mengetahui bagian-bagian penting dari sebuah makalah yang baik dan benar, selanjutnya kita bisa membuat satu persatu bagian-bagian tersebut sesuai dengan tema atau judul yang kita tentukan.

Cover atau Jilid

Untuk mempermudah membuat Cover atau Jilid Makalah, berikut ini adalah contoh format cover makalah yang biasanya terdiri dari tulisan Judul, Nama Penyusun dan Identitas, Penyusun, Lembaga atau Institusi seperti nama sekolah, perguruan tinggi atau universitas, organisasi dan lain-lain dilengkapi dengan gambar atau logo.


Daftar Isi

Pada pembuatan Daftar Isi ada beberapa cara teknik penulisan atau pengetikan salah satunya dengan menggunakan fitur tabulasi yang ada pada aplikasi atau software pengolah kata seperti Microsoft Word tujuannya adalah supaya penulisan judul-judul pada lembar Daftar Isi lebih rapi karena harus menampilkan daftar judul pada isi makalah serta daftar halamannya secara detail dan benar.

Cara lain yang sering digunakan untuk membuat Daftar Isi adalah dengan menggunakan fitur tabel pada Microsoft Word dengan menghilangkan atau menyembunyikan garis atau border tabelnya setelah tulisan dan daftar halaman selesai diketik untuk kemudian dicetak ke printer. Lebih jelasnya silahkan lihat video tutorial singkat Cara Membuat Daftar Isi berikut ini.



File hasil pembuatan Daftar Isi pada video di atas bisa anda lihat seperti preview di bawah ini.

Contoh Daftar Isi Makalah dengan Format Tabel Microsoft Word

Kata Pengantar

Kata Pengantar biasanya terdiri dari beberapa paragraf saja dan tidak terlalu banyak. Paragraf-paragraf yang dimaksud harus berisi tentang kata-kata pembuka seperti ucapan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya makalah yang disusun, kata-kata pokok tentang latar belakang dan tujuan makalah dibuat, serta kata-kata penutup seperti ucapan terima kasih dan lain-lain serta ditutup dengan tempat dan tanggal dan penyusun. Lebih jelasnya silahkan lihat Contoh Kata Pengantar di bawah ini.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Pendahuluan

Pendahuluanbiasanya berada pada Bab I berisi Latar Belakang, Rumusan Masalah dan Tujuan Makalah. Lebih jelasnya silahkan anda lihat contoh pola dan format Pendahuluan berikut ini.

Contoh Pendahuluan Makalah

Pembahasan Makalah

Pembahasan atau Isi Makalah biasanya ditulis pada Bab II yang pada dasarnya memaparkan atau menjawab beberapa pertanyaan atau permasalahan yang telah diambil atau ditentukan pada Rumusan Masalah pada Bab I.

Dalam Pembahasan Makalah dituliskan semua materi tinjuan pustaka, hasil penelitian berupa wawancara, observasi lapangan, kegiatan eksperimen laboratorium dan lain-lain ditulis secara detail.

Lebih jelas tentang bagian Pembahasan anda bisa lihat pada Bab II, silahkan perhatikan bagaimana hubungannya dengan Rumusan Masalah dan Tujuan pada Bab I atau Pendahuluan.

Contoh Pembahasan Makalah

Penutup Makalah

Penutup biasanya berada di Bab III bisa berupa Kesimpulan dan Saran. Pada bagian kesimpulan dituliskan secara jelas tentang hasil akhir pembahasan masalah yang telah dijelaskan dalam Bab II. Saran bisa berisi tentang pemikiran penulis atas permasalahan yang dibahas atau mungkin ditambahkan dengan evaluasi yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian dalam menyusun makalah tersebut dan penjelasan lainnya. Berikut ini salah satu contoh Bab III Penutup.

Contoh Penutup Makalah

Daftar Pustaka dan Lampiran

Daftar Pustaka harus berisi tentang sumber-sumber pustaka yang digunakan dalam kegiatan penyusunan makalah, biasanya terdiri dari buku-buku sumber, modul, laporan, makalah lain, sumber dari internet atau website tertentu, skripsi, jurnal, referensi-referensi yang berhubungan dan lain-lain.

Sedangkan Lampiran dapat diartikan sebagai data-data tertulis yang bisa kita tambahkan ke dalam susunan makalah sebagai penunjang kelengkapan makalah, bisa terdiri dari berkas-berkas seperti angket, catatan interview atau wawancara dengan narasumber, brosur, formulir dan lain sebagainya yang berhubungan dengan makalah.

Berikut ini salah satu contoh penulisan Daftar Pustaka. Anda bisa perhatikan format penulisan sumber-sumber tinjauan pustaka yang digunakan dan tersusun rapi dalam lembar Daftar Pustaka.

Contoh Daftar Pustaka Makalah

Contoh-contoh susunan makalah di atas diambil dari berbagai sumber dan demikianlah pembahasan tentang Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, mudah-mudahan bisa manambah sedikit wawasan dan informasi yang bermanfaat sebagai referensi lain bagi anda dalam kegiatan penyusunan makalah.

Lihat juga:
Kumpulan Contoh Makalah yang Baik dan Benar Download Format .doc .docx Microsoft Word - Lengkap

3 komentar: