Monday, November 21, 2016

Contoh Makalah Fisika Alat Optik atau Mata

Contoh Makalah Fisika Alat Optik atau Mata

Contoh Makalah Fisika Alat Optik atau Mata
Contoh Makalah Fisika Alat Optik atau Mata

Berikut ini adalah Contoh Makalah Fisika Alat Optik atau Mata yang pada bagian akhir posting ini bisa anda download dalam format file .doc atau .docx Microsoft Word sebagai bahan perbandingan atau referensi dalam menyusun makalah baru yang berhubungan dengan Fisika atau IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

PENGERTIAN MATA
Mata adalah panca indra yang berfungsi untuk melihat suatu objek. Secara garis besar memang untuk melihat, namun tentu saja mata memiliki bagian-bagian didalamnya yang memiliki fungsi berbeda-beda dan saling berhubungan sehingga mata kita bisa melihat. 

BAGIAN-BAGIAN MATA 
Pada waktu melihat benda, lensa mata membentuk bayangan pada retina dibagian belakang bola mata. Suatu susunan syaraf penglihatan menyalurkan rangsangan cahaya itu ke otak sehingga timbul kesan melihat benda itu.
Kornea; Bagian ini terletak paling luar dari mata yang bening dan tembus pandang, munutupi iris dan pupil. Salah satu karakteristiknya saat kita sentuh mata akan menutup secara reflek. Fungsinya untuk menerima cahaya dari lingkungan sekitar.
Lensa Krisalin; Lensa ini memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk kebagian belakang mata tepat pada retina sehingga perannya sangat fital.
Iris; Inilah bagian mata yang memiliki warna yang pada manusia kadang berbeda-beda sesuai dengan ganetiknya. Posisi dari iris ini ada di tengah dan berfungsi untuk membatasi banyaknya cahaya yang masuk.
Aqueous Humor; Bagian ini berfungsi membiaskan cahaya kedalam mata.
Pupil; Berwarna hitam dan berada di tengah Iris yang dapat membuka dan menutup, adapun fungsinya adalah untuk mengatur masuknya cahaya pada bola mata.
Retina/Selaput Jala; Retina adalah lapisan yang sangat tipis dari jaringan di dalam mata. Fungsi Retina Mata untuk menangkap sinar cahaya yang masuk ke mata. Impuls cahaya kemudian dikirim ke otak untuk diproses, melalui saraf optik.
Syaraf Optik; Saraf optik mentransmisikan impuls cahaya yang di tangkap retina menuju otak. Menghubungkan ke bagian belakang mata dekat makula. Bagian terlihat dari saraf optik disebut disk optik.
Otot Mata; Otot ini berguna untuk mengatur besar dan kecilnya lensa yang juga merupakan penyangga lensa kristalin.
Vitreus humor; Selanjutnya cairan bening yang umumnya berada pada rongga mata. Memiliki fungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.
Bintik kuning; Posisi dari bagian ini di retina yang memiliki bagian yang paling peka terhadap respon dari luar.

Lensa mata dapat berubah-ubah tebal tipisnya sesuai dengan letak benda yang dilihat. Perubahan ini mengubah jarak fokus lensa itu. Dengan demikian, letak bayangan benda yang dilihat jatuh tepat di retina. Kemapuan lensa mata menyesuaikan jarak fokusnya itu disebut kemampuan berakomodasi atau danya akomodasi mata.

Di depan lensa mata terdapat pupil, yaitu lubang yang ukuranya diubah secara otomatis oles iris (yaitu bagian yang berwarna pada bagian depan mata). Bila cahaya kuat, maka pupil mengecil, dan bila cahaya kurang kuat, maka pupil membesar.

PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA MATA
Secara sederhana sebagai alat optik mata membentuk bayangan nyata, terbalik, dan diperkecil pada retina. Pemfokusan dilakukan dengan mengubah jarak fokus lensanya. Benda akan nampak jelas jika bayangan tepat jatuh pada permukaan retina.  Adapun tahap-tahap terbentuknya bayangan pada mata yaitu sebagai berikut :
  • Cahaya masuk ke dalam mata melalui lubang pupil, pertama cahaya menembus kornea, aqueous humor, lensa, dan viterus humor sehingga bayangan jatuh tepat pada retina. Kemudian retina membentuk impuls yang dijalarkan ke saraf otak II , lalu ke otak untuk di interpretasikan sebagai penglihatan.
  • Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Jadi, mata dapat melihat objek dengan jelas apabila bayangan benda (bayangan nyata) terbentuk tepat di retina.
Jangkauan Penglihatan Mata:
Kemampuan penglihatan manusia terbatas pada jangkauan tertentu atau disebut jangkauan penglihatan yaitu daerah di depan mata yang dibatasi oleh dua buah titik. Titik terjauh (punctum remotum disingkat PR) dan titik terdekat (punctum proximum disingkat PP).
PR adalah titik terjauh didepan mata, dimana benda masih nampak dengan jelas. PP adalah titik terdekat didepan mata, dimana benda masih nampak dengan jelas.
Objek akan nampak jelas jika objek berada pada jangkauan penglihatan, dan objek tidak akan nampak dengan jelas jika objek ada diluar jangkauan penglihatan (terlalu dekat dengan mata atau terlalu jauh dari mata).

DAYA AKOMODASI MATA
Mekanisme Proses Melihat pada Mata
Bagaimana mata kita melihat benda? Pada waktu kita melihat suatu benda maka lensa mata membentuk bayangan dari benda itu. Bayangan itu harus jatuh di retina. Karena letak benda yang dilihat tidak selalu tetap tempatnya, sedangkan bayangan dari benda itu oleh lensa mata harus selalu di retina maka kelengkungan lensa mata harus berubah-ubah sesuai dengan letak benda yang dilihat.
Perubahan kelengkungan lensa menyebabkan terjadinya perubahan jarak fokus lensa mata. Perubahan ini dilakukan otot lensa mata. Jika benda yang dilihat jauh maka otot lensa mata mengkerut, menarik lensa menjadi pipih. Jika letak benda yang dilihat dekat maka otot lensa mata mengendur, Itu menyebabkan lensa mata menjadi tebal.
Dengan demikian, bayangan benda yang dibuat lensa mata selalu jatuh di retina menjadi nyata, lebih kecil, dan terbalik. Rangsang dari bayangan benda akan dikirim ke otak oleh saraf-saraf penglihat.

Mudah-mudahan Contoh Makalah Fisika Alat Optik atau Mata di bawah ini bisa memberikan sedikit gambaran kepada anda seperti apa susunan makalah secara lengkap sesuai dengan cara membuat makalah yang baik dan benar. Contoh Makalah Fisika Alat Optik bisa juga berhubungan dengan makalah alat alat optik lengkap, makalah tentang alat optik beserta gambarnya, makalah fisika alat optik doc, makalah alat optik mata, makalah tentang alat optik download, makalah cahaya dan alat optik, makalah fisika tentang alat optik kelas 8, makalah alat optik kamera dalam fisika dan lain-lain.

Contoh Makalah Fisika Alat Optik atau Mata Download Format Microsoft Word

Di bawah ini adalah preview Contoh Makalah Pengantar Bisnis dalam format file .doc atau .docx Microsoft Word.

Contoh Makalah Pengantar Bisnis

Download File: 


Demikian pembahasan dan share file Contoh Makalah Fisika Alat Optik atau Mata. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment